-thinking,analyzing,dreaming and writing by DENIYA-

Pesan Untukku ;)

Labelsnya Celoteh2ku
Private Contact to ME
PRIVATE MELLOW CORNERnya Deniya

Emailnya:deniya_p@hotmail.com Deniya Patricia's Facebook Profile
My Blog Friends
Credit to

Free Blogger Templates

BLOGGER




Jones Act
Jones Act Counter

MUSEUM FATAHILLAH dan aku
November 12, 2008
Inilah sdikit tntang sejarah Museum Sejarah Jakarta yg gw kutip dari wikipedia indonesia:

Museum Fatahillah yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta atau Museum Batavia adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi.

Gedung ini dulu adalah Stadhuis atau Balai Kota, yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jenderal Johan Van Hoorn. Bangunan balaikota itu serupa dengan Istana Dam di Amsterdam, terdiri atas bangunan utama dengan dua sayap di bagian timur dan barat serta bangunan sanding yang digunakan sebagai kantor, ruang pengadilan, dan ruang-ruang bawah tanah yang dipakai sebagai penjara.

Pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini kemudian diresmikan sebagai Museum Fatahillah.


gw stay di jakarta sjak gw lahir (yah potong masa tahanan alias masa2 gw di malay slama 7 taon),gw ga perna ngehargain tntang sjarah stelah gw slesai sekolah...dl sejarah hanya jd pelajaran aj di skolah smata2 utk memenuhi nilai raport,mnjadi hafalan smata utk dpt nilai bagus pas ulangan,jadi rasanya jauh skali dr pemahaman sesungguhnya...

26 taon usia gw,yg ngakunya penduduk asli krn lahirnya pun di jakarta...apa yg gw tau tntang sjarah kota ini?? ada sih yg simple2,ky ultah jakarta 22 juni...trs mottonya teguh beriman...trs slebihnya tau slintas2 aj....pernah ga gw trlintas di kpala utk mengunjungi museum??
jawabnya ya dl udh puas slama SD-SMP pas karyawisata,apaan sih yg diliat...psti jg sama2 aj kan ky dl,hehe...well,jujur pemahaman gw agak berubah sjak gw kenal dia...jagoan gw dl(mulai deh lebaynya) ckup menginspirasikan gw utk yg satu itu

nah gw kali ini mo ngebahas tntang MUSEUM FATAHILLAH neh atau yg diknal sbg MUSEUM SEJARAH JAKARTA,kynya jodoh gw sm nih museum lumayan dkt,hehe...abisnya brasa ada aj kmajuan2,dr yg cm di dpannya aj foto,trs foto di tangganya,sampe akhrnya masuk ke dalamnya,hhehe...
skitar maret thn ini (15 Maret 2008)gw brksmpatan jejak kaki di lapangan fatahillah,wkt itu gw cm numpang lewat aj krn mobil gw parkir disitu dan gw ada acara dgn sahabat museum di museum keramik....letaknya di sberang persis dr museum fatahillah itu...
menurut sejarahnya,lapangan luas itu dulunya adalah lapangan tempat disiksanya para tahanan belanda saat itu. di bawahnya terdapat penjara bawah tanah yg spooky abis pastinya karena pd saat itu mereka disiksa oleh para algojo disana.
lalu juni thn ini (8 Juni 2008),atas ide iseng pak jagoan neon ;) di mulai dgn destinasi monas,lalu sempat singgah jg di daerah kota tua dan museum fatahillah itu...sempat berpanas2 ria saat itu tapi brasa ky fun2 aj ngobrol2 di tangga museum fatahillah...gw,dia sm nurma...ntar2 gw attach jg deh clip nya disini,hehe...

ok ok,enough for the memorable time...yg jelas,pada 8 November 2008 kmaren gw brhasil kmbali lagi ksitu...tgl 8-9 November kmaren ada acara yg namanya Atraksi Kota Tua...critanya ada kumpulan2 kegiatan untuk melestarikan kebudayaan tuanya Jakarta....gw sempet ketemu sama Om Rudy yg hari itu demo masak masakan tempo doeloe dan jadi juri dari lomba masak hari itu....gw sempet juga beli merchandise2 kecilnya Jakarta....
karena gw dateng rada kepagian,yah akhrnya Lucy ngusulin liat2 aj dl ke dalem museumnya...tadinya ragu2 mo masuk krn gw psti kurang bs enjoy dgn kondisi gw ini yg brkursi roda...tp krn niat dan tekad gw gede,yah gw jd jg masuk situ sm Lucy...hihihi walau jujur gw suka terngiang2 sosok si jagoan neon,tapi gw ckup sneng jg hari itu bs narik si Lucy ksana...Lucy yg setau gw suka boring sama hal2 gt,tapi hari itu demen jg liat2 ke dlm Museum Fatahillah...

utk lengkapnya foto2 perjalanan gw menjelajah beberapa bagian dalamnya Museum ini trs ditambah beberapa foto yg gw collect dari internet,daripada susah gw atur layout disini....gw udh masukin jadi slide aj yah,hope u guys can enjoy it !!!

ssst,ada meriam yg namanya meriam jagur...konon kalau ada pasangan yg getol ingin punya anak,bs coba menduduki bagian meriam itu...katanya sih mnurut kpercayaan2 lama,bs manjur kesuburannya,hehe...trs di dalam museum ini lengkap jg koleksi2 perabot kayu lama yg org belanda dl gunakan,lalu ada koleksi2 prasejarahnya jakarta...bahkan masih ada pedang yg algojo dl gunakan utk merajang tawanan2...





dont forget to visit ths museum lho...
tiketnya aj murah gilak,cuma 2000 perak...coba deh,hari gini dgn 2000 perak mo dpt apaan?? hehehe...kalo itu diconvert jd US Dollar,ya ampun cuma beberapa sen aj,hehehe...
pokoknya kita harus lestarikan dan jaga slalu harta sejarah peninggalan bangsa kita...walaupun disitu isinya peninggalan2 kekejaman belanda satu ktika dulu....tapi biar gimana ya dari sana juga bermulanya sejarah berdirinya kota jakarta ini....

Labels:

posted by -deniya a.ka Siti Daniati- @ 11:43 AM  
1 Comments:
  • At November 12, 2008 at 10:45 PM, Blogger myhann said…

    Wajib ke situ bulan depan! But I dont think my uncle is interested with museums and history. ;ll

    by the way yeah, Im going through what you were going through: study history for exams so that the answer sheets will not be blank.
    :D

     
Post a Comment
<< Home
 
Sharing is Caring with ME

Photobucket

Name: -deniya a.ka Siti Daniati-
Home: Bintaro Jaya, Indonesia
About Me:
seorang cw yg keras,gemar berteman dimanapun,berani,independent,pnya jiwa sosial yg tinggi,ga suka basa-basi,bawel krn trlalu care sm org,bnci org ingkar janji,gigih,BT sm ktidak adilan,krja keras utk mencapai keinginannya..
See my complete profile
Celoteh2 Sblumnya
=UNFORGETABLE SHOTS=

=Unforgetable Journey Ever=
  • AAC dan kisahnya
  • Kawah Putih in memory
  • Pengalengan Fun
  • Jakarta's Art with Luv
  • From Bandung With Love
  • Archives
    Photo Album
    My Inspirational Readings